Jangan Sedih Yang tidak lolos Prakerja Gelombang 10, Berikut Bocoran Prakerja Gelombang 11

1X24JAM.COM,   "Gelombang 10 ini menuntaskan kuota tahun 2020. Apakah akan ada gelombang tambahan itu tergantung keputusan KCK," kata Louisa, Minggu (27/9/2020), dikutip dari Kompas.com

Untuk itu, Louisa menyarankan peserta yang lolos Kartu Prakerja segera menyelesaikan pelatihan pertama dalam waktu 30 hari kerja.

 Hal ini bertujuan agara kepesertaan Kartu Prakerja yang sudah lolos tak dicabut.  "Itu (imbauan) yang paling utama," papar Louisa.

 Cara cek lolos atau tidak melalui dashboard Kartu Prakerja dikutip dari Prakerja.go.id:

  • Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang, pendaftar bisa login ke akun Kartu Prakerja di https://www.prakerja.go.id/.
  • Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang, login ke akun kamu,
  • lalu cek dashboard kamu. Jika lolos seleksi gelombang, kamu juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS.
  • Kamu juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun kamu.
  • JIka tidak lolos, kamu akan mendapatkan notifikasi pada dasboard akun Kartu Prakerja kamu. Jika gagal seleksi Gelombang karena kuota habis, kamu dapat mengikuti seleksi periode Gelombang berikutnya.
  • Tidak perlu mengulang lagi proses pendaftaran dari awal.

Sebagai informasi, peserta yang sudah mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja namun terus gagal sebanyak 3 kali, maka dapat membuat surat pernyataan.

Nah, Berikut Apa yang harus Kamu lakukan jika sudah tiga kali gagal mendaftar gelombang?

  1. Isi surat pernyataan dengan benar sesuai data diri kamu,
  2. lalu kirimkan ke email kepesertaan@prakerja.go.id
  3. untuk bisa dilakukan pengecekan oleh Manajemen Pelaksana.

 Contoh format surat pernyataan dapat diunduh melalui tautan berikut LINK

 Adapun syarat yang harus diperhatikan sebelum Anda mendaftar Kartu Prakerja silahkan kunjungi laman prakerja.go.id/faq.

Sebelumnya, Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja telah membuka pendaftaran peserta untuk gelombang 10 pada Sabtu (26/9/2020) pukul 12.00 WIB.

Pada Kartu Prakerja gelombang 10 Kartu Prakerja ini bakal menyerap 116.261 orang. Penyerapan membuat kuota Kartu Prakerja tahun 2020 yang sebesar 5,59 juta perserta terpenuhi 100 persen.

Namun, ada 189.436 orang yang dicabut kepesertaannya atau setara dengan 3,46 persen dari total penerima Kartu Prakerja karena tidak mengikuti pelatihan pertama dalam 30 hari.

Rencananya, Komite Cipta Kerja akan mengalokasikan dana dan kuota ke peserta lainnya.

Lantas, apakah Kartu Prakerja akan berlanjut pada gelombang 11?. Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, ada atau tidaknya pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 11 nantinya akan tergantung dari keputusan komite.

Related Posts